puluhan tokoh masyarakat dan seniman kampanye prokes

puluhan tokoh masyarakat dan seniman kampanye prokes

https://www.gatra.com/detail/news/492022/info-satgas-covid19/puluhan-tokoh-masyarakat-dan-seniman-kampanye-prokes

Jakarta, Gatra.com – Sebanyak 53 orang terdiri tokoh masyarakat dan seniman Indonesia berkolaborasi menggelar gerakan Indonesia Bermasker-Nyalakan Harapan. Kolaborasi antara tokoh masyarakat dan seniman ini melalui video yang diunggah di laman covid-19.go.id pada Minggu (4/10).

Video tersebut dibuka dengan ajakan kepada seluruh warga negara Indonesia untuk menaati protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Sudah ratusan pahlawan kemanusiaan yang gugur dalam perang melawan Covid-19. Rumah sakit over kapasitas. Saatnya kita menaati protokol kesehatan,” demikian ajakan dalam video tersebut.

Para tokoh Tanah Air ini di antaranya Prof. Wiku Adisasmito, Saleh Husin, Prof. Deviana, Prof. Bustami Syam, KH. Marsudi Syuhud, Halida Hatta, Hendrik Jehaman, dan lain-lain.

Para tokoh dan seniman tersebut mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memakai masker. “Indonesia bersatu, pakai masker,” demikian ajakan para tokoh dan seniman.

Mantan Menteri Perindustrian (Menperin), Saleh Husin, menyampaikan terima kasih kepada Rene Sinclair yang terah bersusah payah membuat kolaborasi antara seniman dengan tokoh-tokoh masyarakat untuk memerangi Covid-19.

Mantan Menperin Saleh Husin mengajak semua kalangan menaati protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Menurut Saleh, semua warga Indonesia bisa melakukan kampanye dengan berbagai cara untuk mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan (prokes) agar pandemi yang sudah hampir 8 bulan ini bisa segara teratasi.
Berbagai dampak Covid-19 juga diharapkan segera pulih sehingga semua bisa kembali beraktivitas seperti di era sebelumnya. Caranya, setiap orang harus mematuhi protokol kesehatan.
“Tentu kita tidak bisa diam, kita harus bangun, bangkit bersama-sama bahu membahu melawan Covid-19 agar kita bisa kembali ke kehidupan normal,” kata Saleh.
Gerakan mematuhi protokol kesehatan ini harus dilakukan oleh seluruh masyarakat. “Semua harus taat pada protokol kesehatan, cuci tangan, jaga jarak, olah raga, makan yang sehat, dengan sendirinya imun kita akan kuat dan pikiran kita akan terpelihara,” kata Saleh.

Musikus Katon Bagaskara selaku penulis lagu Nyalakan Harapan saat berbincang dengan Gatra beberapa waktu lalu, menyampaikan, lagu ini untuk mendukung tenaga medis dan relawan Covid-19 yang menginspirasi sesama untuk peduli.

Awalnya, Katon diajak Rene Sinclair untuk berkolaborasi. Katon kemudian menulis lirik lagunya. “Hidup kau jadikan pilihan, Ajak kita berjuang, Tulusmu gugah kesadaran, Tuhan menolong melalui sesama insan Indonesia”, demikian bagian reffrain-nya.

Vokalis Kla Project ini mengatakan, lagu Nyalakan Harapan kemudian dinyanyikan banyak artis dan tokoh dari berbagai profesi, melibatkan musikus lintas generasi di antaranya Titiek Puspa, Purwa Tjaraka, dan Via Vallen.

No Comments

Post A Comment

WhatsApp us